Menjadi program keahlian yang memiliki karater disiplin dan daya saing tinggi didunia kerja (DUDIKA) dalam bidang teknika kapal penangkapan ikan yang menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten, berwawasan lingkungan, dan inovatif untuk mendukung keberlanjutan industri perikanan
Teknika Kapal Penangkapan Ikan merupakan Prorgam Keahlian sebagai upaya pemenuhan standar dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja bidang pelayaran kapal penangkap ikan baik nasional maupun internasional, yang dibuktikan dengan kepemilikan sertfikat ahli teknik kapal penangkap ikan tingkat II (Atkapin II) dan sertifikat keterampilan pendukung lainnya yang akan digunakan sebagai persyaratan dalam jenjang jabatan menjadi perwira di kapal penangkap ikan
Tujuan Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI) adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam :
• Melakukan pekerjaan sebagai operator/perwira/ teknisi mesin kapal penangkap ikan,
• Berwirausaha di bidang mesin kapal , kelistrikan kapal , mesin refrigerasi dan perbengkelan di dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA),
• Mengembangkan wirausaha yang profesional dalam sektor pendukung penangkapan ikan dan hasil tangkap ikan,
• Melakukan pekerjaan sebagai teknisi di bidang permesinan industri lainnya/manufaktur.
Program Jangka Pendek Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan adalah sebagai berikut:
1. Kompetensi lulusan standart Internasional Maritim Organisation dengan kualifikasi:
a. COP (Certifikat of Proficiency) BST/BSTF-II target 100?ri jumlah 125 Taruna
b. melaksanakan Uji Sertifikasi kepelautan (ATKAPIN-II) sebanyak 85?ri 125 Taruna.
2. Terserapnya projek TEFA (Teaching Factory TKPI) pada dunia usaha dan industri 100?ri jumlah 2 projek unggulan yaitu AC dan Freezer dan alat tangkap (Jaring Gill Net Dasar)
3. Peningkatan kualifikasi tenaga pendidik sebanyak 2 orang
KURIKULUM MERDEKA
MATA PELAJARAN |
Kelas /Semester |
||||||||
X |
XI |
XII |
|||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
||||
A. UMUM |
|
|
|
|
|
|
|||
1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
|
||
2 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
||
3 |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
3 |
3 |
3 |
- |
||
4 |
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan |
3 |
3 |
2 |
2 |
|
|
||
5 |
Sejarah |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
||
6 |
Seni |
2 |
2 |
- |
- |
- |
- |
||
Jumlah A |
16 |
16 |
12 |
12 |
8 |
|
|||
B. KEJURUAN |
|||||||||
1 |
Matematika |
4 |
4 |
3 |
3 |
3 |
- |
||
2 |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
3 |
3 |
3 |
- |
||
3 |
Informatika |
4 |
4 |
- |
- |
- |
- |
||
4 |
Proyek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial |
6 |
6 |
- |
- |
- |
- |
||
5 |
Konsentrasi kejuruan |
18 |
18 |
27 |
27 |
27 |
- |
||
6 |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
- |
- |
5 |
5 |
5 |
- |
||
7 |
Praktik Kerja Lapangan |
- |
- |
- |
- |
- |
44 |
||
8 |
Mapel Pilihan |
- | - | 4 | 4 | 6 | 6 | ||
|
Muatan Lokal B.Jepang |
- |
- |
2 |
2 |
- |
- |
||
|
Muatan Lokal Bahasa Sunda |
(2) |
(2) |
- |
- |
- |
- |
||
|
Jumlah B |
22 |
22 |
30 |
30 |
34 |
44 |
||
|
Total A +B |
38 |
38 |
42 |
42 |
42 |
44 |
||
C |
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Kesemaptaan (Pembentukan Karakter) |
8 |
8 |
4 |
4 |
4 |
|